I. Arti Cleaning (Kebersihan).
Bersih bisa diartikan sebagai keadaan suatu area atau benda tanpa terdapat material lain yang tidak semestinya. Suatu area atau benda bisa dikatakan bersih apabila sudah memenuhi syarat syarat minimal sebagai berikut :
1. Syarat yang pertama adalah syarat berpedoman pada beberapa Panca Indra :
a. Mata.
Suatu area atau benda bisa dikatakan bersih apabila dilihat warnanya sesuai dengan aslinya.
b. Kulit.
Suatu area atau benda bisa dikatakan bersih apabila diraba / diusap dengan tangan tidak menimbulkan
bekas kotor pada tangan / jari dan permukaannya sesuai aslinya.
c. Hidung.
Suatu area atau benda bisa dikatakan bersih apabila tidak menimbulkan bau/ aroma yang tidak baik.
2. Syarat yang kedua adalah syarat kesehatan :
Suatu area atau benda bisa dikatakan bersih apabila higenis, berarti bersih dari kuman/bakteri yang
timbul akibat dari debu, sampah dan kotoran lain (terutama toilet dan lantai).
3. Syarat yang ketiga adalah syarat 5R (Resik, Ringkas, Rapi, Rawat & Rajin).
Setiap proses dan hasil pekerjaan harus selalu memperhatikan pengaturan dan penataan lingkungan kerja.
II. Arti Service (Pelayanan) :
Pelayanan bisa diartikan suatu pekerjaan yang sengaja dilakukan untuk diberikan atau ditujukan kepada orang lain. Pelayanan seutuhnya diberikan untuk semua orang yang ada dilingkungan kerja mulai dari level bawah sampai tertinggi dan terlebih lagi adalah untuk tamu / pengunjung.
Dalam pelayanan harus memperhatikan beberapa hal :
1. Senyum, Salam dan Sapa (3S) .
Senyum, salam dan sapa mutlak harus dilakukan dalam pelayanan sebagai wujud keseriusan dan ketulusan dalam melayani pelanggan.
2. Norma
Sudah menjadi hukum norma pelayanan bahwa dalam setiap berinteraksi harus mengedepankan rasa hormat terhadap pelanggan. Apapun situasinya tidak dibenarkan melakukan reaksi melebihi dari pelanggannya.
3. Fleksibilitas
Dalam praktek pelayanan sering terjadi permintaan pekerjaan lain atau tuntutan yang lebih dari pelanggan. Oleh karena itu dalam melayani diharapkan ada fleksibilitas / toleransi pekerjaan sebagai upaya menjalin hubungan yang lebih baik.
III. Tujuan / fungsi
Berdasarkan arti tersebut, maka Cleaning Service mempunyai maksud dan tujuan antara lain:
1. Meningkatkan Priduktivitas pelanggan dalam beraktifitas.
Dengan lingkungan yang bersih dan sehat akan menunjang aktifitas mereka.
2. Mempertahankan Nilai Tekhnis aset pelanggan.
Dengan lingkungan yang bersih dan terawat akan melindungi material yang dibersihkan, sehingga berfungsi dengan baik dan tidak cepat rusak.
3. Meningkatkan Efisiensi dalam manajemen pemeliharaan.
Dengan menyerahkan urusan pengelolaan kebersihan kepada bidangnya maka sistem dan teknik pekerjaan akan lebih efisien karena ditunjang oleh totalitas dan pengalaman.
4. Memberikan Citra Fositif di kalangan mitra kerja, mitra usaha dan masyarakat
Apabila gedung dan lingkungan dalam keadaan bersih terpelihara dengan baik maka akan memberi kesan fositif.
gan, saya mau tanya.
ReplyDeleteBagaimana tips Memilih layanan cleaning Service ? agar saya mendapatkan layanan cleaning service terbaik .
Apakah Seekmi mempunyai pengalaman dan keterampilan yang baik dalam pelayanan nya?
To Dewanstudio :
ReplyDeleteMenurut saya mencari layanan cleaning yang baik adalah dengan bertanya / cari referensi dulu ke temen atau kolega untuk sekedar tau manajemen perusahaan penyedia nya, Apabila sistem keuangan terutama penggajian dan sistem monitoring terutama kunjungan pihak kantor, baik berkala maupun insidentil berjalan baik maka ada harapan pelayanannya jga baik.
Selanjutnya adalah seleksi tenaga yg mereka kirim, apakah tenaga yg ditempatkan sudah 1 atau 2 minggu tidak memiliki kinerja yg diharapkan sebaiknya segera komplain agar diperbaiki atau diganti tenaganya.
Selanjutnya yg terpenting adalah kerja sama kedua belah pihak karena walau bagaimanapun terciptanya lingkungan yg bersih harus dilakukan bersama. Jadi koordinasi dan saling mendukung harus selalu dijalankan.
Mengenai Seekmi bisa dipakai buat referensi awal saja, karena mereka masih hanya mempasilitasi penyedia jasa dan calon pelanggan. Selanjutnya kita cari tahu sendiri dgn cara menghubungi pelanggannya dan juga perusahaan penyedia nya kita panggil untuk presentasi.
ReplyDeletebila minta layanan yang terbaik, perhatikan juga harga kontraknya, wajar atau tidak. karena sekarang penginnya barang murah tapi bagus.....
ReplyDeleteWajar gan, mungkin kita bisa siasati dgn cara bisa mendpt order dulu dgn harga murah, lalu kita buktikan kualitas pelayanan kita sehingga mereka puas baru kita ajukan kenaikan
Deletebagaimana menghitung nilai kontrak ( mingguan, bulanan, tahunan) ?....terimakasih
DeleteAcuan utama estimasu harga kontrak adl Man power yg kita pakai, brp salarinya, jumlahnya dan tynjangan2 nya (Asuransi, bonus dll). Kemudian estimasi selanjutnya adl kebutuhan alat (nilai penyusutan) dan bahan. Terakhir kita tambahkan Managemnt Fee dan pajak.
DeleteMengenai lamanya kontrak hanya soal kebutuhan user saja, intinya semua bisa dihitung dari estimasi diatas.
Nb: sebaiknya selalu dilakukan survey sebelum estimasi harga.
Demikian semoga bermanfaat dan trimakasih komentnya.
AJM SERVICES telah bekerjasama fengan pabrik, karaoke, hotel, perkantoran sampai Event organizing. Pengalaman yang cukup memuaskan dan menjapatkan dua jempul dari TELKOMSEL silahkan ajukan penawaran dan survey gratis customerscareajmservices@gmail.com
ReplyDeleteAJM SERVICES telah bekerjasama fengan pabrik, karaoke, hotel, perkantoran sampai Event organizing. Pengalaman yang cukup memuaskan dan menjapatkan dua jempul dari TELKOMSEL silahkan ajukan penawaran dan survey gratis customerscareajmservices@gmail.com
ReplyDeleteCasino.com: Best Review & Bonus Code for PokerStars in US
ReplyDeleteBonus and promotions at Casino.com. Get your Casino credits for use with a Casino.com 원주 출장안마 bonus 태백 출장샵 code or login to receive 삼척 출장샵 a 경상북도 출장마사지 $20 Welcome Bonus. 세종특별자치 출장마사지